All I Know About Pempek (2)

18.49 0 Comments A+ a-

Aneka PempekPempek mempunyai aneka pilihan rasa dan bentuk. Adonan dasarnya sama atau mirip. Tapi dengan modifikasi bentuk dan rasa, masing-masing berhak menyandang nama tersendiri.

1. Pempek-pempek yang dibuat dengan adonan yang sama, yang dianggap sebagai adonan dasar pempek:
a. Pempek Kapal Selam.
Kenapa namanya kapal selam? Mungkin karena bentuknya yang cekung seperti perahu, mungkin karena ukurannya yang relatif besar. Tapi kenapa kapal, bukan mangkok raksasa misalnya? Nggak tau juga. Mungkin karena ya itu tadi, asalnya yang dari tepian sebuah sungai. Kapal identik dengan sungai. Kenapa selam? mungkin karena 'kapalnya' tenggelam di kuahnya.

Pempek kapal selam berisi telur, 1 telur utuh. Bagaimana bisa satu telur utuh ada di tengah pempek?, sering juga jadi pertanyaan. Kalau yang kenal bakso, biasanya langsung terpikir kalau telur rebuslah yang dibalur adonan, seperti halnya bakso telur. Tapi sayang, tebakannya masih melenceng. Kalau yang kenal Krapfen (donat yang tengahnya diisi selai atau vla), menebak kalau telur kocok di'suntikkan' ke dalam adonan yang sudah dibentuk seperti mengisikan vla ke dalam Krapfen. Usaha bagus, tapi masih salah juga:-). Coba saja bedah pempek kapal selam, akan terlihat kalau kuning telurnya terpisah dengan putih telur seperti halnya telur rebus. Yang benar dilakukan sebagai metode umum adalah membentuk adonan seperti mangkuk, lalu telur mentah dituang ke dalam adonan, lalu ditutup dan direbus.

b. Pempek Telur
Menebak kenapa namanya begitu, mudah saja. Namanya sangat jelas menunjukkan identitasnya:-D. Pempek ini diisi dengan kocokan telur. Ini seperti versi mininya pempek kapal selam.

c. Pempek Kelesan alias Pempek Keriting
Pempek ini tanpa isi. Bentuknya saja yang keriting seperti kerupuk. Dibentuk dengan menggunakan alat khusus serupa saringan yang secara tradisional terbuat dari kuningan yang berat. Setelah dibentuk, pempek keriting tidak direbus melainkan dikukus.

d. Pempek Lenjer
Pempek ini juga tanpa isi. Bentuknya silinder. Saat membuatnya, pempek ini panjang-panjang, tapi setelah direbus, dipotong-potong. Bentuk silinder memanjang itulah yang dalam bahasa Palembang disebut lenjer.

e. Pempek Tahu
Pempek ini agak jarang dijual. Biasanya ini dibuat untuk konsumsi keluarga. Ini juga mudah menebaknya, pempek ini isinya potongan tahu. Tahu yang digunakan biasanya adalah tahu putih, yang di Palembang disebut dengan Tahu Cino (Tahu Cina). Untuk membedakannya dengan pempek telur, biasanya bentuknya seperti 'bunga'. Ditutup dengan menyatukan tiga jari (jempol, telunjuk, jari tengah) ditengah.

f. Pempek Pistel
Kenapa namanya pistel?, saya juga tidak tau. Yang jelas pempek ini isinya tumisan tauge dan parutan pepaya muda. Bentuknya mirip dengan pempek telur, tapi untuk membedakannya biasanya diberi 'wiron' seperti pastel itu loh. Pempek ini juga termasuk jarang dijual di toko pempek terkenal. Biasanya penjual keliling yang sering menyediakannya. Tapi terakhir mudik tahun lalu, pempek ini makin langka dijumpai. Kalau mau, ya harus bikin sendiri. Entahlah mengapa jadi langka dijual. Mungkin karena isi sayurannya membuat pempek ini lebih cepat basi.

g. Pempek Ebi
Pempek berisi ebi giling ini kayaknya lebih langka lagi sekarang. Dulu juga udah jarang sih.

h. Pempek Lenggang
Adonan dasar yang digunakan sama tapi penyajiannya berbeda. Adonan ditambahi telur dimasukkan di dalam takir, lalu dipanggang. Ada juga yang tidak menggunakan pemanggang, melainkan dibuat seperti martabak. Jadi pempek lenjer dipotong-potong, masukkan ke dalam kocokan telur, dituang ke dalam kuali, lalu dilenggang.

2. Pempek Adaan
Namanya demikian karena pempek ini nggak pake acara direbus atau dikukus terlebih dahulu, melainkan langsung digoreng. Sebagai bahan yang khas juga, biasanya ditambahkan santan atau kuning telur dan irisan daun bawang. Bentuknya bulat-bulat seperti bola ping pong:-)

3. Pempek Tunu alias pempek panggang
Tunu dalam bahasa Palembang berarti bakar. Jadi pempek ini tidak direbus, dikukus, atau digoreng, melainkan dipanggang di atas bara api. Saos pendampingnya juga khusus.

4. Pempek Kulit
Ini adalah pempek yang menambahkan kulit ikan sebagai bahan adonannya. Biasanya warnanya agak gelap.

Itulah dia jenis-jenis pempek yang ada. Banyak juga kan? (Kayaknya ada yang masih ketinggalan, tapi belum nyantol lagi:-(). Dari bahan yang sama, dimodif sana sini, jadi diversifikasi deh. Cukup kreatif juga ya Leluhurku hehehehe.